Hotline : 022-70130343
SMS : 0878-252-60538
BBM : 28E4E636
ym 2
ym 2
.
Home » Blog » Batik solo dan sejarahnya
Tuesday, August 7th 2012. Posted in Blog
batik solo Batik solo dan sejarahnya

batik solo

Di Jawa tengah dan Indonesia, Kota Solo dikenal sebagai salah satu kota budaya di Indonesia, Solo juga saat ini masih memiliki tradisi yang sangat kuat dari kerajaan. Berdasarkan fakta sejarah, batik solo, bagaimanapun, berada lebih dahulu dibandingkan dengan batik Yogyakarta. Pangeran Mangkubumi dari Yogyakarta ke Solo dan kembali dengan batik solo sebagai dasar untuk membuat batik Yogyakarta.

Meskipun memiliki sumber yang sama, namun batik solo dan batik Yogyakarta memiliki karakter yang berbeda dari satu sama lain. Batik Solo umumnya berwarna cokelat keemasan. Dalam motif, tidak ditemukan dalam putih. Motif batik Solo yang paling terkenal adalah “Sidomukti”. Perbedaan ini karena perbedaan dalam pandangan politik antara dua kerajaan kedatangan Belanda.

Yogyakarta pihak kerajaan tegas menentang pemerintah kolonial Belanda sehingga menghasilkan motif batik dan warna yang lebih eksplisit, sementara pro-kolonial terlihat sikap Solo kerajaan batik menghasilkan. Kedekatan hubungan antara karya Solo dan batik Solo terkesan Belanda menghasilkan lebih fleksibel dan bebas. Dekorasi lebih bervariasi, dan warnanya lebih beragam.
Jika kita membahas tentang batik Solo, tampaknya sulit untuk melarikan diri dari sebuah desa penghasil batik dalam nama Solo, Laweyan yaitu Kampung. Desa ini terkenal sebagai produsen batik sejak abad ke-19. Penduduk di desa ini rata-rata sukses sebagai pengusaha batik solo yang disebut Gendhu Gal.

Kejayaan para pengusaha dapat dilihat dari arsitektur rumah yang mereka miliki. Seperti sebuah istana besar, dikelilingi oleh dinding tinggi dengan pintu kayu besar. Meskipun memiliki rumah bersejarah berubah menjadi toko, Kampung Laweyan citra sebagai produsen batik desa tidak memudar.

Beberapa batik solo yang berisi filsafat yang banyak dipengaruhi Filsafat Jawa dan Hindu. Beberapa contoh batik Solo dekoratif pada artinya, sebagai berikut:

  • Burung terbesar di dunia, atau angin;
  • Api melambangkan pembakaran api;
  • Dilambangkan oleh Mt Meru.
  • Air dilambangkan oleh Naga.
  • Pesawat atau sayap, adalah untuk menggambarkan mahkota, atau perguruan tinggi.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang batik Solo, silahkan datang ke Museum Batik terletak di Kampung Kaoeman Kauman.Hundreds Batik potongan batik dan pembuat batik puluhan tahun dipajang di rumah tua adalah Jawa yang khas. Di dinding museum kayu, berjajar topi cap batik yang menunjukkan keragaman batik Solo dekoratif. Setiap kain batik di layar diberi label, sehingga pengunjung mengetahui info tentang batik.

Solo terkenal karena banyak memiliki banyak galeri / showroom yang melayani berbagai pakaian batik. Permintaan tidak hanya orang-orang yang tinggal di Solo saja. Banyak turis dari negeri dan luar negeri yang mengunjungi solo hanya untuk membeli pakaian batik yang ditawarkan. Dengan harga yang relatif murah itu tak heran jika banyak orang membeli mereka untuk dijual kembali nanti di daerah asal mereka.

Hari ini tempat ini sangat terkenal sebagai pusat batik solo perdagangan Pasar Klewer. Di pasar ini ada banyak vendor menjual berbagai baju batik (Bahasa Indonesia) dari berbagai merek. Barang yang diperdagangkan juga tidak terbatas pada bajubatik tetapi juga sudah mulai mendapatkan inovasi dengan produk lain seperti kebaya, gaun batik, kaos batik, tas batik, sprei, bed cover dan lain-lain.

Begitulah sejarah batik solo dan jika anda ingin membeli batik solo yang up to date dan modern silahkan klik disini.

Terjemahan dari : www.articlesbase.com/clothing-articles/batik-solo-history-and-the-place-where-you-can-buy-5080881.html

Kata pencarian:

batik solo, batik solo modern, batik solo trans, batik solo murah, batik solo indonesia, batik solo carnival, batik solo sarimbit, batik solo pasar klewer, batik solo grosir, batik solo dan penjelasannya, batik solo indonesia, motif batik solo, gambar batik solo, batik solo yogyakarta, baju batik solo, batik solo online, batik solo modern, rumah batik solo, sejarah batik solo, batik solo grosir

Tas Ransel Juventus
Limited
Rp99.000
Beli
Batik Lembang Ekslusif
Ekslusif
Rpby Order
Beli